Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari Berkunjung di TVRI SULTRA

     TVRI SULAWESI TENGGARA




Kendari (26/06/2023) — TVRI kembali menerima kunjungan pelajar Mahasiswa (UMK) pada Senin, 26 Juni 2023. Kedatangan dari teman-teman Umk  disambut dengan gembira oleh pelaksana Humas LPP TVRI. 

Kegiatan kunjungan industri diawali dengan briefing di lobi Gedung Pusat Produksi Siaran (GPPS) dan selanjutnya peserta kunjungan segera melangkah menuju Studio 5 TVRI untuk menyaksikan rekaman. Antusias dari mahasiswa kunjungan membuat rangkaian tur terasa semarak dan berwarna.  Beberapa kali mahasiswa kunjungan mengabadikan momen-momen di studio dengan menggunakan ponselnya. Mereka pun menyaksikan dan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai proses syuting dan, proses kerja dengan begitu seksama.

Usai menyaksikan dan mengajukan beberapa pertanyaan di Studio, mahasiswa kunjungan yang dipandu oleh dosen dan Humas LPP TVRI menuju Sub Control Studio 5 dan terus berlanjut menuju Production Control dan Master Control. Di tempat tersebut, beberapa karyawan control room memberikan penjelaskan yang sangat informatif kepada mahasiswa kunjungan mengenai fungsi dasar dari ruangan serta alat-alat yang ada.

Rasa semangat masih terus menyelimuti seluruh mahasiswa disertai dengan antusias yang tinggi serta ambisi untuk meraih ilmu-ilmu baru tentang pertelevisian. Kegiatan kunjungan dilanjutkan ke Auditorium TVRI untuk melihat proses pemasangan dekorasi acara, dan Newsroom Studio 4 menjadi tempat kunjungan berikutnya.

Rangkaian kegiatan kunjungan terus berlanjut hingga berujung di Studio 2 Pusdiklat LPP TVRI. Di tempat ini, Ketua Tim Perencana Diklat Manajemen Pusdiklat LPP TVRI, menjelaskan mengenai sejarah TVRI dan Pusdiklat LPP TVRI. Beliau menyampaikan bahwa LPP TVRI memiliki program pelatihan kompetensi di Pusdiklat LPP TVRI yang dapat diikuti oleh publik. Sesi tanya jawab yang hadir kemudian menjadi semakin menyenangkan.

Selanjutnya perwakilan dari Perbanas Institute,  salah satu karyawan TVRI menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk melakukan Kunjungan di LPP TVRI. Dosen dan mahasiswa UmK juga menyampaikan alasannya dalam memilih LPP TVRI sebagai lokasi kunjungan karena TVRI merupakan stasiun televisi pertama dI Sulawesi Tenggara.

“Tahun ini kita memilih TVRI karena kita tahu bahwa TVRI adalah stasiun TV paling lama, dan banyak yang bisa kita pelajari dari sini. Intinya kita berterima kasih banyak sudah diterima di sini dan sudah disambut sangat baik.”, papaar dosen UMK.

Kebersamaan masih terus berlanjut, dan kali ini giliran Kak Idrus, kak Muhammad Agus, dan Henos Pareang dari Humas LPP TVRI yang memberikan sharing session mengenai pengalamannya mengikuti pelatihan di Pusdiklat TVRI. Kak Agus menjelaskan mengenai mobile journalism, dan juga mengenai website TVRI. Pembawaan Kak Agus yang menghibur menghadirkan suasana segar dan bersemangat dalam sesi sharing ini.

“Acara kunjungan industri di TVRI hari ini sangat seru, karena dari awal kita diajak ke bagian master control dan ke bagian lainnya. Terus juga melihat perbedaan situasi antara auditorium dan news room. Pesannya buat TVRI semoga pada kunjungan ke depannya bisa lebih seru lagi seperti ditambahkan games atau challenge-challenge.”, papar Salah satu mahasiswa. 

Kunjungan industri dapat menjadi salah satu sarana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai dunia pertelevisian. Melalui langkah kecil untuk belajar hal baru tentu akan membawa kita kepada keberhasilan dan kesuksesan.

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama yang menjadi semakin meriah ketika para mahasiswa membuat video slogan TVRI dengan meneriakkan semangat, “TVRI.. Media Pemersatu Bangsa!!!”

Humas dan Protokol LPP TVRI






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN ISLAM

laporan hasil studi tour di tvri sultra STUDI TOUR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DI TVRI SULTRA