laporan hasil studi tour di tvri sultra STUDI TOUR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DI TVRI SULTRA

STUDI  TOUR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI  PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TVRI SULTRA



 

TVRI merupakan jaringan televisi pertama di Indonesia, mulai mengudara pada tanggal 24 Agustus 1962. TVRI memonopoli siaran televisi di Indonesia hingga tahun 1989, ketika televisi swasta pertama Indonesia, RCTI, didirikan. Sebagai alat komunikasipemerintah, tugas TVRI saat itu adalah menyampaikan informasi tentang kebijakan pemerintah kepada rakyat dan pada waktu yang bersamaan menciptakan two-way traffic (lalu lintas dua arah) dari rakyat untuk pemerintah selama tidak mendiskreditkan usaha-usaha pemerintah. 

Pada hari senin tanggal 26 juni 2023. pukul 09:00 wita saya bersama dosen serta teman-teman pergi ke TVRI untuk mencari ilmu dan pengalaman tentang cara menampilkan berita. terus disitu ada banyak alat-alat teknologi yang modern yang kita jarang-jarang di lihat. kegiatan kunjungan industri diawali dengan briefing di lobi gedung pusat produksi siaran (GPPS) dan selanjutnya diawali kunjungan segera melangkah menuju studio 5 TVRI untuk menyaksikan rekaman antusias dari mahasiswa kunjung menbuat rangkain tur terasa semarak dan berwarna.




Beberapakali mahasiswa kunjungan mengabadikan momen-momen di studio dengan menggunakan ponselnya. mereka pun menyaksikan dan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai proses syuting dan, proses kerja begitu seksama. pada kenjungan kali ini dapat mengetahui serta mengamati secara langsung bagaimana dunia jurnalistik itu beroperasi yang diselenggarakan oleh stasiun televisi. Dimulai dari pengembilan berita, editing, pembuatan naskah hingga akhienya berita tersrbut latak untuk terbit ditelrvisi. Pada kunjungan kali ini juga kita diberikan kesempatan untuk melihat lihat berbagai ruangan yang ada seperti ruangan podcast. Dan berbagai ruangan lain nya yang di per lihat kan oleh staf.

TVRI Sultra merupakan stasium televisi local yang masih minim peralatan yang di gunakan atau masih menggunakan alat yang lama,belum mengupdate alatnya. Pada ruangan ini pembawa berita melakukan siaran di tempat tersebut tentu saja dengan fasilitas kamera yang sudah digital untuk menunjang kegiatan tersebut. Pembawa berita juga ikut serta dalam peliputan berita atau produksi berita, yakni terlibat dalam pembuatan naskah berita yang akan dibacakannya.

Kami pun sempat dijelaskan bagaimana penayangan berita tersebut dilakukan, dan ternyata berita yang akan ditayangkan sudah diatur jadwalnya. Berita ketika sudah jadwal penayangannya akan langsung ditayangkan tentu saja tidak akan bertabrakan dengan berita yang lain karna semuanya sudah diatur dalam jadwal dan tidak bisa menayangkan berita yang belum waktu penayangannya.

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN ISLAM

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari Berkunjung di TVRI SULTRA